Kerangka Acuan untuk Training Consultant

 

  1. Latar belakang

Conflict Resolution Unit (CRU) adalah sebuah unit di bawah Indonesia Business Council for Sustainable Development yang memiliki komitmen untuk mendukung upaya mediasi konflik lahan dan sumber daya alam di Indonesia.

CRU memiliki visi untuk menjadi sebuah jasa layanan independen terkemuka di Indonesia dalam memberikan dukungan yang efektif guna pencegahan dan resolusi konflik lahan dan pengelolaan sumber daya alam.

Sebagai bagian dari misi CRU untuk mendukung peningkatan kapasitas publik dalam resolusi konflik, CRU akan mengadakan pelatihan pra-mediasi.  Melalui pelatihan ini, diharapkan kapasitas peserta akan terbangun dalam (i) membangun kepercayaan dengan para pihak untuk mendorong terpilihnya proses mediasi sebagai strategi penyelesaian konflik, (ii) mempersiapkan diri dan mengorganisir pihaknya untuk masuk ke dalam proses mediasi guna menyelesaikan konflik sumber daya alam, (iii) memahami strategi negosiasi untuk kemudian dapat mewakili pihaknya dalam mediasi, dan (iv) menerapkan pengetahuan tentang strategi negosiasi dan mediasi dalam situasi konflik yang dihadapi.

Untuk kegiatan ini, CRU mencari konsultan atau lembaga konsultan untuk merancang dan melaksanakan pelatihan pra-mediasi ini bersama dengan tim CRU.

 

 

  1. Dekripsi kegiatan dan tugas konsultan
    Dengan peserta sekitar 25 orang, pelatihan akan diadakan selama 3 hari di Minggu pertama bulan Februari 2018 (sekitar tanggal 5 – 9 Februari 2018)
    Konsultan akan memiliki kewajiban dan tugas sebagai berikut:
    • Merancang proses pelatihan
    • Menyusun materi pelatihan
    • Mengikuti pertemuan dan diskusi proses perencanaan pelatihan
    • Melakukan pelatihan sesuai dengan jadwal yang telah disetujui bersama
    • Turut melakukan evaluasi pelatihan
    • Menyusun laporan kegiatan dan memberikan masukan bagi laporan Monitoring, Evaluation and Learning atas kegiatan pelatihan
    • Menyelesaikan laporan keuangan kegiatan pelatihan
  1. Proposal dan bidding
  2. Proposal (maksimal 3 halaman) terbagi menjadi 2 bagian, yakni proposal teknis (berisi konten) dan proposal anggaran.
  3. Untuk proposal teknis harus dapat menggambarkan mengenai konsep pelatihan secara keseluruhan dengan dilengkapi oleh kurikulum lengkap, resume lengkap trainer, dan profil lembaga. ?
  4. Proposal teknis dan proposal anggaran harap dikirimkan ke cru@ibcsd.or.id dengan copy ke laras.novalia@ibcsd.or.id sampai dengan 12 Februari 2018. 
  5. Proses seleksi

Penilaian proposal akan didasarkan pada:

  • Kompetensi konsultan/trainer di bidang terkait
  • Rekam jejak perusahaan konsultan/trainer di bidang terkait
  • Pengalaman dalam merancang dan melakukan pelatihan resolusi konflik
  • Besarnya anggaran yang diajukan
  • Ketersediaan waktu (availability) kandidat

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi:

Navitri Putri Guillaume, PhD

Program Director, CRU

Tel: +62 812 1023 9384

Email: navitri@ibcsd.or.id

"Pursuing sustainable development makes companies more competitive, more resilient and adaptable in a fast-changing world, and more prepare for the future."