Lembaga penyedia survei baseline mediasi konflik sumber daya alam dan lahan

Conflict Resolution Unit adalah sebuah unit di bawah Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) yang berkomitmen untuk mendukung upaya mediasi konflik lahan dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia. CRU diinisiasi oleh KADIN sebagai bentuk realisasi komitmen para anggotanya terhadap praktik usaha yang berkesinambungan.

Jumlah konflik penggunaan lahan dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia terus bertambah, tetapi pemahaman dan penerapan mediasi yang efektif masih memerlukan perbaikan. Kehadiran CRU ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan publik bahwa mediasi adalah alternatif yang efektif untuk menyelesaikan konflik lahan dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia. Walaupun CRU tidak secara langsung melakukan mediasi konflik, CRU menyediakan berbagai layanan untuk mendukung proses mediasi agar dapat dilaksanakan sesuai praktik terbaik.

Selanjutnya untuk dapat mengoptimalkan peran serta CRU terhadap dilakukannya proses mediasi yang sesuai dengan proses terbaik, diperlukan adanya informasi yang dapat memetakan bagaimana kondisi publik dan persepsinya terhadap proses mediasi di Indonesia. Informasi ini menjadi referensi CRU dalam menyediakan berbagai layanan untuk mendukung tumbuhnya proses mediasi sesuai dengan praktik terbaik di Indonesia.

Atas maksud itu, CRU bermaksud untuk mencari lembaga survei yang akan menjalankan survei baseline terkait mediasi konflik agrarian dan sumber daya alam sebagai bagian dari evaluasi program CRU. Survei ini bertujuan untuk mengukur keefektifan intervensi CRU yang dinilai dan atau dikaji melalui perubahan pengetahuan, sikap dan tindakan dari penerima manfaat program.

Timeline

Survei diharapkan dapat selesai dalam waktu 1 bulan (Agustus-September 2017).

Lembaga yang berminat dapat mengirimkan proposal selambatnya hari Jumat tanggal 25 Agustus 2017 pukul 17.00 WIB ke cru@ibcsd.or.id cc laras.novalia@ibcsd.or.id. Hanya lembaga yang memenuhi seleksi awal yang akan melanjutkan ke proses selanjutnya.

"Pursuing sustainable development makes companies more competitive, more resilient and adaptable in a fast-changing world, and more prepare for the future."